Have a question?
Message sent Close

News & Events

Hayoo, siapa SVB Gengs disini yang belum familiar dengan metode interview? Interview itu sering banget lho, digunakan di kehidupan kita sehari – hari. Khususnya pada setting profesional seperti proses rekrutmen perusahaan dan organisasi. Makannya, interview itu penting banget untuk SVB Gengs pahami, terutama apabila kamu sedang ingin mendalami HR ataupun sedang berada dalam proses mencari pekerjaan. Jadi yuk, kita kenalan dulu dengan definisi dari interview.

Secara garis besar, interview atau wawancara merupakan merupakan kegiatan pertukaran informasi spesifik secara lisan diantara pihak – pihak yang terlibat. Hal yang membedakan antara proses interview dengan komunikasi adalah tujuan, pelaku, serta waktu terjadinya. Sebagai gambaran, topik pembicaraan yang ada pada proses komunikasi secara umum dapat bersifat bebas dan tak terbatas. Prosesnya pun bisa dimulai oleh siapapun kapan saja. Hal ini berbeda dengan interview. Topik yang biasanya ada pada proses interview biasanya sudah ditentukan sebelumnya, misalnya interview untuk masuk ke dalam suatu organisasi atau interview mengenai bidang pekerjaan tertentu. Pelakunya pun biasanya terbatas sesuai dengan konteks dari interview tersebut. Biasanya, terdapat dua pihak, yaitu interviewer (pewawancara) dan interviewee (pihak yang diwawancara). Waktu dari interview pun telah ditentukan sebelumnya supaya semua pihak yang harus terlibat dapat hadir secara bersamaan.

Nah, setelah sekarang SVB Gengs sudah tahu apa itu interview, pertanyaan selanjutnya adalah, apakah kamu pernah mengalami proses interview? Atau, jangan – jangan SVB Gengs nih yang jadi interviewernya?😊

Hal yang menarik dari interview adalah metode ini merupakan salah satu metode pengambilan data yang paling umum di bidang HR, terutama pada proses rekrutmen dan seleksi. Soalnya, apabila dilaksanakan dengan baik, interview dapat membantu perusahaan untuk menentukan mana calon karyawan yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang paling sesuai dengan kriteria pekerjaan tertentu. Proses lisan yang ada didalamnya dapat membantu perusahaan dalam menentukan apakah calon karyawan tersebut secara spesifik memiliki kriteria – kriteria yang cocok dengan budaya perusahaan, seperti gaya komunikasi, bahasa tubuh, kepribadian hingga ekspektasi yang selaras dengan budaya perusahaan.

Selain itu, kelebihan lain dari metode ini adalah interview merupakan salah satu metode yang paling efisien dari segi biaya dan waktu. Interviewer pun tidak perlu memiliki sertifikasi khusus untuk melakukan proses interview, dan pertanyaan serta teknik interview yang digunakan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan pada saat itu.

Nah, sekarang, SVB Gengs jadi semakin paham dan mengerti kan, bahwa interview itu merupakan satu proses kunci yang penting untuk dipahami. Dan sebagaimana yang disebutkan pada paragraf sebelumnya, teknik interview yang digunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Implikasinya? Memang, terdapat beberapa jenis dari teknik interview yang sering digunakan, terutama oleh para praktisi HR. Pastinya, hal ini penting banget kan untuk diketahui, baik untuk kamu yang merupakan calon HR masa depan, atau pun kamu yang sedang dalam proses mencari pekerjaan. Yuk, kita bahas semuanya satu per satu!

Interview terstruktur (structured interview)

Merupakan teknik interview dimana para interviewer memiliki panduan khusus untuk digunakan pada satu sesi interview. Biasanya, panduan yang sama akan digunakan untuk beberapa orang yang melamar pada posisi yang sama. Interview dengan teknik ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang spesifik dan sama bobotnya dari beberapa interviewee.

Interview tidak terstruktur (unstructured interview)

Merupakan teknik interview dimana para interviewer tidak menggunakan panduan khusus dalam melakukan satu sesi interview. Artinya, interviewer dapat dengan bebas menentukan pertanyaan apa yang ditanyakan selama masih sesuai dengan topik dari interview tersebut. Pada teknik ini, bisa jadi beberapa orang yang melamar pada posisi yang sama akan mendapatkan pertanyaan yang berbeda. Interview dengan teknik ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang lebih spesifik dan dalam dari masing – masing interviewee.

Interview semi-terstruktur (semi-structured interview)

Merupakan teknik interview yang menggabungkan antara teknik interview terstruktur dan interview tidak terstruktur. Pada teknik ini, interviewer akan memiliki satu panduan khusus, namun interviewer juga dapat menanyakan hal yang ada diluar panduan tersebut. Maka dari itu, kelebihan dari teknik ini adalah interviewer bisa mendapatkan informasi spesifik yang setara dari semua interviewee, sekaligus bisa mendapatkan informasi yang lebih dalam dan sesuai dengan kondisi masing – masing interviewee.

Behavioural Event Interview

Merupakan teknik interview yang digunakan untuk melihat perilaku interviewee berdasarkan pengalamannya atau bagaimana interviewee menghadapi sesuatu di masa lalu. Sebagai contoh, seorang calon karyawan di bidang sales mungkin akan ditanya mengenai bagaimana cara dia menangani pelanggan pada pekerjaan sebelumnya. Asumsi yang berlaku dari teknik ini adalah perilaku yang dulu sudah pernah dilakukan oleh seseorang merupakan prediktor dari perilakunya di masa depan. Maka dari itu, dengan mengetahui perilaku yang sudah pernah dilakukan sebelumnya pada konteks pekerjaan yang sama, interviewer dapat menentukan kecocokan dari calon karyawan dengan pekerjaan yang sedang dilamar.

Situational Event Interview

Merupakan teknik interview dimana interviewer akan memberikan skenario yang mungkin akan dihadapi calon karyawan saat bekerja nanti. Sebagai contoh, seorang karyawan di bidang sales mungkin akan diberikan skenario mengenai apa yang akan dilakukan jika penjualan yang ada masih belum mencapai target. Melalui teknik ini, interviewer dapat menilai apakah calon pekerja memiliki kemampuan untuk membaca dan menangani situasi dengan baik.

Gimana, SVB Gengs? Kira – kira, selama ini kamu sudah pernah mengalami teknik interview yang mana nihAtau, kamu pengen tanya – tanya langsung nih, tentang teknik interview HR lain dengan HR Expert kami? Yuk, langsung gabung di SVB Academy!

HRF-Banner-1-3840x1080

SVB Academy merupakan program kelas inisiatif dari Stevland Bridge Consultant untuk membantu siapa saja belajar tentang dunia HR. Untuk kamu yang ingin belajar mengenai HR secara keseluruhan, kamu bisa pilih program HR Fundamental Package.

Khusus untuk kamu yang secara spesifik ingin mempelajari bidang rekrutmen, kamu bisa ambil paket Talent Acquisition seharga Rp150.000 untuk pembelajaran secara teori dan praktek. Apalagi kalau kamu pakai kode voucher ‘belajarta’, makin best deal jadinya! Yuk, kamu bisa langsung kontak dan kepoin kami melalui Instagram @svb.academy atau Whatsapp di +62877-3420-8830. Bisa juga langsung klik https://bit.ly/SVBTalentAcquisition untuk lihat dan daftar kelasnya ya. Jadi, see you on class, SVB Gengs!